Pages

Senin, 17 Oktober 2016

Apa itu Reksadana?

Udah lama nggak update blog nih. Kurang lebih sudah 3 tahun dari terakhir kali nulis bilangnya pingin nulis lagi. wkwkw.

Kali ini aku share sesuatu yang cukup bermanfaat buat masa depan, yaitu investasi. Investasi apa? Reksadana. Ya, Reksadana. Reksadana itu sederhanya cara investasi di berbagai sektor, seperti pasar uang, obligasi dan saham tanpa harus pusing mikirin harus ngalokasiin dana kita dimana. Jadi, cara kerjanya kita nyerahin duit kita ke Manajer Investasi, dimana Manager Investasi yang kita percaya bakal ngelola uang kita yang nantinya bakal naikin (harapannya si gitu) harga dari reksadana yang kita beli. Nah, kalo harga reksadana yang kita punya sudah lebih tinggi dari harga awal sewaktu kita beli, disitulah kita dapat untuk.

Buat contoh ni, misalnya kita beli reksadana A di awal seharga Rp 1.000 per lembarnya (bener gak ya itungannya lembar?). Setelah 6 bulan harga reksadana A menjadi Rp 1.500 per lembarnya. Dari sini udah keliatan kan, kalo kita bakal untung perlembarnya Rp 500. Kecil? Iya kecil kalo dihitung perlembar. Tapi, kalo misalkan kita punya 1.000 lembar, artinya keuntungan kita 1000 x Rp 500 = Rp 500.000. Kalo kita punya 132.579 lembar? Yaa itung sendiri bisa yaa.

Untuk post selanjutnya kita bahas apa aja jenis2 reksadana ya. See you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar